Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:

Mata kuliah ini tergolong mata kuliah intregratif, karena karakter materinyanya merupakan menggabungkan kemampuan penguasaan materi kuliah sebelumnya untuk diterapkan dalam satu bidang keahlian tertentu, matakuliah dimaksud adalah yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini diharapkan memberi kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami studi kelayakan bisnis dan penerapannya dalam kehidupan praktis. Perkuliahan ini secara umum membahas berbagai tahapan dan aspek dalam studi kelayakan bisnis, serta menganalisis kelayakan suatu rencana bisnis dilihat dari berbagai aspek antara lain: aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek manajemen, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial dan politik, aspek hukum dan lingkungan hidup, dan mengevaluasi layak atau tidaknya suatu rencana bisnis berdasarkan kreteria tertentu yang ditetapkan


Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi peluang bisnis di lingkungan

  • Dapat membedakan berbagai jenis bisnis, yang memerlukan studi kelayakan

  • Dapat menyusun  kelayakan rencana kelayakan bisnis dari aspek manajemen pemasaran, aspek teknis, manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasi,AMDAL dan aspek keuangan

Daftar Pustaka:
  • Winarno Agung (2009) Diktat bahan ajar Studi Kelayakan Bisnis

  • Wijayanti, T. 2017. Marketing Plan DalamBisnis. Elex Media Komputindo. Jakarta

  • Suharto, Imam (2), Manajemen Proyek dari konseptual sampaioperasional, Jakarta, Erlangg

  • Jumingan. 2014. StudiKelayakanBisnis :TeoridanPembuatan Proposal Kelayakan. BumiAksara. Jakarta

  • Halim, A. 2009.Analisis KelayakanInvestasiBisnis :KajiandariAspekKeuangan. GrahaIlmu. Yogyakarta

  • Muchtar. 2014. Menyusun Business Plan danRencanaAksi. YramaWidya. Bandung

  • Murpi, S. 2012. Business Plan Praktis&Dasyatuntuk UMKM. LaskarAksara. Bekasi

  • Royan, F. M, danKurniawan, R. 2011. KiatSuksesMerancangdanMengaplikasikan : Marketing Plan. Elex Media Komputindo. Jakarta

  • Scott, C. D. dkk. 2010. Visi, NilaidanMisiOrganisasi: MembangunOrganisasi Masa Depan. Indeks. Jakarta

  • Sumarwan, U. dkk. 2011. PemasaranStrategik :Perspektif Value-Based Marketing &PengukuruanKinerja. IPB Press. Bogor: 75 – 162; 187 - 218