Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Perkuliahan ini mengkaji metode penelitian yang sesuai dengan pengembangan kerangka berpikir penelitian yang dipilih mahasiswa, dimana mahasiswa mampu menjelaskan disain penelitian, asesmen dan instrument penelitian yang akan dijalankan, serta mampu menjelaskan analisis data yang akan digunakan guna mengolah data yang bisa mengungkap semaksimal mungkin hasil-hasil penelitian guna menjawab tujuan dan hipotesis penelitian yang sudah dibangun berdasarkan hasil kajian literatur dan pengamatan lapangan sebelumnya. Perkuliahan ini mengetengahkan presentasi dan diskusi serta seminar untuk menyempurnakan persiapan penelitian mahasiswa sebelum ke lapangan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memilih dan mengembangkan metodologi Penelitian penelitian yang tepat untuk melaksanakan penelitian dan memaksimalkan hasil penelitian
  • Mampu menjalankan Asesmen dan pengukuran psikologi yang tepat yang diperlukan dalam penelitian psikologi Pendidikan yang dipilih mahasiswa
  • Mampu mengembangkan Instrumen penelitian yang diperlukan untuk menjalankan riset yang dipilih oleh mahasiswa
Daftar Pustaka:
  • Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (8th Ed.). New York: McGraw-Hill
  • Goodwin, C. J. 2010. Research in Psychology: Methods and design (6th Ed.). New Jersey: Wiley.
  • Harris, K.R. Graham, S., & Urdan, T. 2012. APA Educational Psychology Handbook. Washington DC: American Psychological Association.
  • American Psychological Association. 2020. Publication Manual of the American Psychological Association. Washington DC: American Psychological Association.
  • Gast, D. L. 2010. Single Subject Research in Behavioral Sciences. New York: Routledge.