Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa mengembangkan, memperdalam, dan memperluas wawasan dan pemahamnnya tentang ilmu pendidikan ditinjau dari perpektif filsafat ilmu.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang filsafat ilmu.
  • Mampu menggunakan landasan berpikir filsafat secara kritis dan inovatif dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu manajemen pendidikan;
  • Menerapkan etika pengembangan ilmu dan pemikiran filsafat dalam merancang gagasan pemecahan masalah secara kreatif, inovatif, transdisiplin, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Cahn, S.M. 2012. Classic and Contemporary Readings in the Philosophy of Education. Second Edition. Oxford University Press. Inc
  • Godfrey-Smith, 2013. Theory and Reality: An Introduction to the Philosophy of Science: Science and Its Conceptual Foundations series (1st Edition). The University
  • Iphofen, R. 2020. Handbook of Research Ethics and Scientific Integrity. Springer International Publishing
  • Phillips, D.C. and Siegel, Harvey. 2013. Philosophy of Education: The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Winter 2013 Edition).
  • Rosenberg, A. 2012. Philosophy of Science: A Contemporary Introduction (Routledge Contemporary Introductions to Philosophy). 3rd Edition. Tayor &