Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Membahas konsep dasar dan tatacara menggunakan berbagai keterampilan dasar mengajar dalam Pembelajaran Fisika (keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan menjelaskan, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan), hakikat IPA/Fisika, hakikat Belajar, hakikat Pembelajaran, dan implikasinya dalam Pembelajaran Fisika; dan berbagai model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi fisika sekolah, misal Pembelajaran Berbasis inkuiri, problem/project based learning, cooperative learning. Mahasiswa melakukan ekplorasi dan menganalisis pembelajaran fisika di sekolah, berdiskusi merancang skenario pembelajaran fisika serta mempraktekan skenario tersebut dalam pembelajaran Fisika dengan kemasan peer teaching secara tepat, inovatif, sistematis, mandiri, bertanggungjawab dan menghargai perbedaan individu.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar dan tatacara menggunakan berbagai keterampilan dasar mengajar dalam Pembelajaran Fisika, yang meliputi: keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

  • Menguasai hakikat IPA/Fisika, hakikat Belajar, hakikat Pembelajaran, dan implikasinya dalam Pembelajaran Fisika

  • Menguasai berbagai model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi fisika sekolah

  • Menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran

  • Mengaplikasikan strategi , model dan metode dalam pembelajaran fisika yang efektif

  • Menerapkan keterampilan dasar mengajar, strategi, model , metode dan teknik dalam pembelajaran fisika yang efektif, inovatif dan menghargai perbedaan individu.

Daftar Pustaka:
  • Anderson, LW dan Krathwohl, DR., 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Addison Wesley Longman Inc

  • Joyce, W., & Weil, M. (with Calhoun, E). 2004. Models of Teaching. Sixth Edition. Boston: Allyn Bacon, A Pearson Education Company.

  • Lawson, A. E. 1994. Science Teaching and the Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.

  • Wartono, 2008. Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang: Jurusterbaan Fisika , FMIPA UM.

  • Yuliati, L. 2008. Model-model Pembelajaran Fisika. UM: LP3

  • Dokumen Kurikulum Fisika yang sedang digunakan di sekolah

  • Arends, R. I. 2016. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

  • Barba, R.H. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Alyn & Bacon.

  • Carin, A.A. 1993. Teaching Modern Science, New York: Macmillan Publishing Company

  • Cooper, JM. 2010, Classroom Teaching Skills. Wadsworth, Cengage Learnin.

  • Dahar, R.W. dan Liliasari. 1986. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdiknas.

  • Handayanto, S.K.2000. Strategi Pembelajaran Fisika, Buku Ajar. UM Press

  • Haris, Bryan, 2014, Creating a classroom culture that supports the common core : teaching questioning, conversation techniques, and other essential skills, Routledge 711 Third Avenue, New York, NY 10017

  • Hassard, J. 2005. Minds on Science: Middle and Secondary School Methods.New York: HarperCollins Publisher.