Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Beragam prospek profesi berbasis kesejarahan di dunia kerja, ketrampilan dasar dunia kepenulisan, kependidikan, jurnalistik, aktivis budaya, permuseuman, arsiparis, dan perfilman. Pengantar: perkembangan prospek praktisi kesejarahan, serta jasa dan produk. Teknologi dan perubahan jenis pekerjaan dan perkembangan teknologi informasi. Sejarawan dan penulis sejarah: menulis dan menerbitkan tulisan, hak cipta, royalty, dan beli putus. Pengajar sejarah: ketrampilan pedagogik, silabus, dan bahan ajar. Jurnalistik, media online dan cetak, televisi, dan radio. Aktivis budaya: pamong budaya dan komunitas penikmat sejarah. Permuseuman: konservasi dan preservasi benda cagar budaya. Kearsipan: arsip institusi, arsip swasta, dan arsip perorangan. Perfilman: produksi sinema, penulisan storyboard, film dokumenter, dan film fitur. Event organizer: festival budaya, napak tilas, dan jelajah kota tua.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menggambarkan praktisi kesejarahan sebagai prospek profesi.
  • Mahasiswa mampu mengadaptasi beberapa ketrampilan dasar profesi berbasis kesejarahan.
  • Mahasiswa mampu mengombinasikan hasil teori keilmuan dengan praktik lapangan.
  • Mahasiswa mampu memroduksi hasil karya prospektif berbasis kesejarahan.
Daftar Pustaka:
  • Banu, I. 2014. Semua untuk Hindia. Jakarta: KPG.
  • Tirahardja, U. & Sulo, L. 1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta: P3TK Depdikbud.
  • Wibowo, F. 2007.Teknik Produksi Program Televisi, Yogyakarta: Pinus Book Publisher.