Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Disertasi dikembangkan dari permasalahan aktual dalam pendidikan kimia, dengan memanfaatkan semaksimal mungkin rujukan yang relevan, terutama yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah internasional dalam waktu 5 – 10 tahun terakhir. Disertasi merupakan hasil akhir dari serangkaian kegiatan akademik mandiri mahasiswa yang berawal dengan pengkajian situasi aktual dan pengembangan pemikiran untuk menemukan solusinya, mengembangkan rancangan penelitian, melaksanakan penelitian lapangan dan diakhiri dengan penulisan menjadi bentuk disertasi. Di dalam proses ini mahasiswa diwajibkan melakukan minimal 1 (satu) kali seminar internasional tentang masalah yang diangkat dan rencana solusinya.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengembangkan proposal penelitian disertasi bidang pendidikan kimia/sains di bawah bimbingan promotor dan kopromotor. Hasil akhir dari matakuliah ini adalah usulan penelitian disertasi yang disetujui oleh promotor yang merupakan prasyarat untuk mengikuti ujian kualifikasi.
Daftar Pustaka:
  • Barrass, R. 1991. Scientists Must Write: A guide to better writing for scientists, engineers and students. London: Chapman & Hall.
  • Chandrasekar, R. 2002. How to Write A Thesis: A Working Guide. Perth: The University of Western Australia. Available on: http://ciips.ee.uwa.edu.au/pub/ HowToWriteAThesis.pdf.
  • Gopen, D. & Swan, J.A. 1990. The science of scientific writing. American Scientist, Vol. 78, pp. 550–558.
  • Holtom, D & Fisher, E. 1999. Enjoy Writing Your Science Thesis or Dissertation: A step by step guide to planning and writing dissertations and theses for undergraduate and graduate science students. London: Imperial College Press.
  • Lindsay, D. 1997. A Guide to Scientific Writing, 2nd Ed. Melbourne: Addison Wesley Longman Australia.2.
  • Van Wagenen, R.K. 1991. Writing A Thesis: Substance and Style, 3rd Ed. Upper Saddle River: Prentice Hall.
  • Watson, G. 1987. Writing a Thesis: A Guide to Long Essays and Dissertations. New York: Longman.