Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Paradigma fenomenologi, jenis, disain dan prosedur penelitian kualitatif termasuk studi kasus, studi kasus multi situs, etnografi, grounded theory, langkah-langkah/prosedur penelitian kualitatif, teknik dan instrumen pengambilan data, peneliti sebagai instrumen utama, pengolahan dan analisis data, validitas dan kredibilitas penelitian kualitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki wawasan yang memadai tentang penelitian kualitatif, mulai dari paradigma dasar yang digunakan
  • Memahami jenis-jenis penelitian kualitatif
  • Memahami disain dan prosedur penelitian kualitatif
  • Memahami teknik pengambilan data dalam penelitian kualitatif
  • Memahami analisis dan pengembangan makna dari data kualitatif, serta penjaminan validitas dan kredibilitas disain dan prosedur penelitian kualitatif
Daftar Pustaka:
  • Cresswell, W. John. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th Edition). SAGE Publications
  • Glaser, B. G. & Strauss, A.L. 1999. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Routledge.
  • Merriam, S.B. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass
  • Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. Sage Publication.
  • Patton, M.Q. 2014. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications, Inc
  • Rahayu, S. 2000. Menggali Konsepsi Siswa Tentang Sains Dengan Pendekatan Fenomenografi. Jurnal Matematika, IPA dan Pengajarannya, 29(1), 115-133
  • Yin, R.K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford.