Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A/B-A/B
Deskripsi:

Kajian dari mata kuliah ini mencakup definisi istilah anak, remaja dan kaum muda; anak, remaja, kaum muda, keinginan dan aspirasinya; kaum muda, pendidikan dan transmisi nilai; aktifiutas bermain dan perkembangan kepribadian kaum muda; kaum muda, internet dan cyberspace; kaum muda, kenakalan dan penyalahgunaan narkoba; kaum muda dan pendidikan orang dewasa; manfaat memahami dunia kaum muda bagi orang dewasa; tekanan teman sebaya (bully).


Capaian Pembelajaran
  • Memahami perbedaan perspektif anak dan remaja dibandingkan dengan orang dewasa


  • Memahami proses yang dialami anak dan remaja dalam menerima pendidikan dan pembelajaran untuk menuju kedewasaan


Daftar Pustaka:
  • Wyn, Johanna, and Rob White. 1997. Rethinking Youth. London: SAGE.


  • Tyyskä, Vappu. 2001. Long and Winding Road: Adolescents and Youth in Canada Today. Toronto: Canadian Scholars’ Press.


  • Brake, Mike. 1985. Comparative Youth Culture: The Sociology of Youth Cultures and Youth Subcultures in America, Britain, and Canada. London: Routledge & Kegan Paul.


  • Côté, James E., and Anton Allahar. 1994. Generation on Hold: Coming of Age in the Late Twentieth Century. Don Mills, ON: Stoddart.


  • Willis, Paul E. 1977. Learning to Labour: How Working Class Kids Get Working Class Jobs. Farnborough, UK: Saxon House.


  • Arnett, Jeffrey Jensen, Marion Kloep, Leo B. Hendry, and Jennifer L. Tanner. 2011. Debating Emerging Adulthood: Stage or Process?. New York: Oxford University Press.


  •  Arnett, Jeffrey Jensen. Emerging Adulthood: The Winding Road from Late Teens through the Twenties. New York: Oxford University Press, 2004.


  • Furlong, Andy, and Fred Cartmel. 2007. Young People and Social Change: New Perspectives. 2d ed. Maidenhead, UK: Open University Press.