Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A/B-A/B
Deskripsi:
Kajian dari mata kuliah ini mencakup
definisi istilah anak, remaja dan kaum muda; anak, remaja, kaum muda,
keinginan dan aspirasinya; kaum muda, pendidikan dan transmisi nilai;
aktifiutas bermain dan perkembangan kepribadian kaum muda; kaum muda, internet
dan cyberspace; kaum muda, kenakalan dan penyalahgunaan narkoba; kaum muda
dan pendidikan orang dewasa; manfaat memahami dunia kaum muda bagi orang
dewasa; tekanan teman sebaya (bully).
Capaian Pembelajaran
Memahami perbedaan perspektif anak dan remaja dibandingkan dengan orang dewasa
Memahami proses yang dialami anak dan remaja dalam menerima pendidikan dan pembelajaran untuk menuju kedewasaan
Wyn, Johanna, and Rob White. 1997. Rethinking Youth. London: SAGE.
Tyyskä, Vappu. 2001. Long and Winding Road: Adolescents and Youth in Canada Today. Toronto: Canadian Scholars’ Press.
Brake, Mike. 1985. Comparative Youth Culture: The Sociology of Youth Cultures and Youth Subcultures in America, Britain, and Canada. London: Routledge & Kegan Paul.
Côté, James E., and Anton Allahar. 1994. Generation on Hold: Coming of Age in the Late Twentieth Century. Don Mills, ON: Stoddart.
Willis, Paul E. 1977. Learning to Labour: How Working Class Kids Get Working Class Jobs. Farnborough, UK: Saxon House.
Arnett, Jeffrey Jensen, Marion Kloep, Leo B. Hendry, and Jennifer L. Tanner. 2011. Debating Emerging Adulthood: Stage or Process?. New York: Oxford University Press.
Arnett, Jeffrey Jensen. Emerging Adulthood: The Winding Road from Late Teens through the Twenties. New York: Oxford University Press, 2004.
Furlong, Andy, and Fred Cartmel. 2007. Young People and Social Change: New Perspectives. 2d ed. Maidenhead, UK: Open University Press.
- Teacher: Agus Purnomo