Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:
Mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21; analisis kesempatan pasar melalui analisis lingkungan pasar; penentuan target pasar dan pengembangannya melalui Segmenting, Targeting, dan Positioning; pengembangan strategi pemasaran; pengambilan keputusan pemasaran; dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien
Capaian Pembelajaran
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:
Mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21; analisis kesempatan pasar melalui analisis lingkungan pasar; penentuan target pasar dan pengembangannya melalui Segmenting, Targeting, dan Positioning; pengembangan strategi pemasaran; pengambilan keputusan pemasaran; dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien
Capaian Pembelajaran
- 1. Menguasai konsep teoritis manajemen pemasaran dan memahami pentingnya manajemen pemasaran
- 2. Memahami konsep perkembangan pemasaran di Abad ke-21
- 3. Menguasai proses-proses manajemen pemasaran meliputi segmenting, targeting, positioning
- 4. Dapat merumuskan perencanaan yang berbeda bagi produk dan jasa
- 5. Mampu merumuskan perencanaan strategi, taktik dam membangun nilai dalam pemasaran
- 6. Memahami bagaimana menganalisa lingkup pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen serta merancang kebijakan pemasaran yang baik
- Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th Edition.Prentice Hall: New Jersey
- Bacal Robert. (2003). Performance Management. Terjemahan. Jakarta: Gramedia
- Kotler, Philip & Gary Armstrong.(2010).Principles of Marketing 13th Edition.Prentice Hall: New Jersey
- Donald R. Lehmann & Russel S. Winer. (2005).Analysis for Marketing Planning.Sixth Edition.Mc.Graw-Hill International Edition
- Alma Buchari.(2007).Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung
- Fill Chris.(1999).Marketing Communications.Prentice Hall.Europe
- Kartajaya Hermawan. (2002). Mark Plus On Strategy. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
- Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
- Syafrudin Chan. (2003). Relationship Marketing. PT.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
- Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
- Pengajar: Arum Prasasti