Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dasar penelitian, jenis-jenis penelitian, urgensi penelitian secara teoritis dan praktis, ruang lingkup penelitian pendidikan geografi, benang merah dan tahapan penelitian, proposal penelitian, rancangan penelitian, masalah dan tujuan penelitian, hipotesis penelitian, manfaat penelitian, skala data, jabaran variabel, tinjauan pustaka, metode penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian, kesimpulan dan saran penelitian, daftar rujukan, dan penyusunan laporan penelitian tesis
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menyusun rencana penelitian, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan penelitian di bidang pendidikan geografi
  • Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis data yang sesuai dengan kaidah keilmuwan
Daftar Pustaka:
  • Butt, G. 2011. Geography, Education and The Future. London: British Library Cataloguing-in-Publication Data
  • Creswell, J.W. and Clark, V.P. 2007. Designing and Conducting, Mixed Methods Research. London: SAGE Publication Inc
  • Fotheringham, A.S., Brunsdon, C, Charlton, M. 2000. Quantitative Geography, Perspective on Spatial Data Analysis. London: SAGE Publications Ltd
  • Hay, I. 2000. Qualitative Research Methods in Human Geography. New York: Oxford University Press
  • Saebani, B.A. 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
  • Sedarmayanti dan Hidayat, S. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Penerbit Mandar Maju
  • Tashakkori, A. Dan Teddlie, C. 2010. Mixed Methodology, Mengkombinasikan Pendekatan Kuanlitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar