Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Mempelajari berbagai rancangan penelitian kuantitatif baik jenis expost facto, eksperimen dan pengembangan yang relevan bagi peneliti¬an bidang Bimbingan dan Konseling; diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan menentukan permasalahan dan merumuskan masalah penelitian, mendesain rancangan penelitian, pengumpulan data, penarikan sampel atau subjek penelitian dengan suatu teknik sampling, dan menentukan analisis data yang relevan bagi pencapaian tujuan penelitian; semua latihan tersebut diwujudkan dalam bentuk penyusunan proposal penelitian yang memiliki konsistensi antara masalah, kajian teori, desain, instrumen pengumpulan data dan analisis datanya. Perkuliahan juga menekankan pada penelusuran kajian pustaka dan hasil penelitian yang relevan dengan bidang Bimbingan dan Konseling. Tagihan perkuliahan berupa proposal penelitian tesis yang menerapkan salah satu desain penelitian kuantitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mempelajari berbagai rancangan penelitian kuantitatif baik jenis expost facto, eksperimen dan pengembangan yang relevan bagi penelitian bidang Bimbingan dan Konseling;
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan menentukan permasalahan dan merumuskan masalah penelitian, mendesain rancangan penelitian, pengumpulan data, penarikan sampel atau subjek penelitian dengan suatu teknik sampling, dan menentukan analisis data yang relevan bagi pencapaian tujuan penelitian;
  • Mahasiswa mampu berlatih menyusun proposal penelitian yang memiliki konsistensi antara masalah, kajian teori, desain, instrumen pengumpulan data dan analisis datanya.
  • Mahasiswa mampu melakukan penelusuran kajian pustaka dan hasil penelitian yang relevan dengan bidang Bimbingan dan Konseling.
  • Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis yang menerapkan salah satu desain penelitian kuantitatif.
Daftar Pustaka:
  • Creswell, J.W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. 4th edition. Boston: Pearson
  • Leedy, P.D. dan Ormrod, J.E. 2015. Practical research: Planning and design. Boston: Pearson
  • Lodico, M.G.; Spaulding, D.T.; dan Voegtle; K.H. 2010. Methods in educational research: From theory to practice. 2nd edition. San Fransisco: Jossey-Bass
  • Mertens, D.M. 2012. Research and Evaluation in Education and Psychology. Thousands Oak, California: Sage