Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa (1) menguasai secara komprehensif dan mendalam konsep-konsep fundamental yang membentuk body of knowledge fisika yang lazim dipelajari sampai jenjang pendidikan menengah, meliputi antara lain (tidak terbatas pada) mekanika partikel (hukum-hukum Newton tentang gerak, teorema usaha-energy, dan teorema impuls-momentum), mekanika benda tegar, mekanika fluida, getaran dan gelombang mekanik, termodinamika dan teori kinetika gas ideal, elektromagnetika, dan optika; Pembahasan difokuskan pada makna, fungsi, batasan, keterkaitan dengan konsep lain, dan aplikasinya untuk menjelaskan fenomena fisika sehari-hari (baik yang terjadi seara alami maupun atas rekayasa manusia). (2) Memahami secara bermakna peranan matematika dalam fisika (sebagai bagian dari struktur ilmu fisika) dan peranan multirepresentasi dalam belajar fisika; dan (3) Memahami munculnya berbagai kesulitan yang umum dialami siswa dalam belajar fisika, terutama terkait penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai secara komprehensif dan mendalam konsep-konsep fundamental yang membentuk body of knowledge fisika yang lazim dipelajari sampai jenjang pendidikan menengah atas. (P-2)
  • Memiliki pandangan yang benar tentang hakekat fisika, termasuk peranan matematika dalam fisika (sebagai bagian dari struktur ilmu fisika). (P-3)
  • Memiliki wawasan tentang berbagai kesulitan yang umum dialami siswa dalam belajar fisika beserta penyebabnya, terutama terkait penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika. (P-3)
Daftar Pustaka:
  • Buku-buku teks fisika dasar seperti (1) Randal D. Knight (2016): Physics for scientists and engineers: A strategic approach with modern physics; (2) Serway & Jewett (2013): Physics for scientists and engineers with modern physics; (3) Commings, Laws, & Redish (2004): Understanding Physics, dll
  • Berbagai instrumen tes penguasaan konsep yang telah dikembangkan oleh komunitas penelitian pendidikan fisika seperti FCI, MBT, FCME, dll (yang dikoleksi di website http://www.physport.org) beserta artikel-artikel penelitian yang menyertai dan atau yang menggunakan instrumen-instrumen tersebut.