Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami berbagai perpesktif (paradigm) penelitian dan mendalami teori dan prinsip penelitian kuantitatif sehingga mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup paradigma penelitian pendidikan fisika, konsep-konsep dasar metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian pendidikan fisika, jenis-jenis desain penelitian kuantitatif (eksperimental dan non eksperimental), metode penelitian kuantitatif (teknik sampling, identifikasi variabel dan pengukurannya, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data), dan berbagai statistik yang diperlukan untuk menganalisis data kuantitatif. Selain itu, untuk membangun wawasan tentang trend permasalahan yang menjadi fokus penelitian pendidikan fisika dalam lima tahun terakhir, dibahas pula review artikel-artikel pendidikan fisika yang dimuat di jurnal internasional bereputasi
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip metodologi penelitian kuantitatif dan mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika secara tepat. (P-5, KK-3)
Daftar Pustaka:
  • Andy Field. 2009. Discovering Statistics Using SPSS. Third Edition. London: SAGE Publications Ltd
  • Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education. New York, N.Y.: Routledge.
  • Creswell, J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, (4thedition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2007. Educational Research, An Introduction (8th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Glenn Gamst, Lawrence S. Meyers, Dan A. J. Guarino. 2008. Analysis of Variance Designs: A Conceptual and Computational Approach with SPSS and SAS. New York: Cambridge University Press
  • Morgan, G. A, Leech, N. L, Gloeckner, G. W,& Barrett, K. C. 2004. SPSS for introductory statistics: Use and interpretation, 2nd edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Artikel-artikel penelitian pendidikan fisika yang menggunakan metode kuantitatif dan diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi.