Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami berbagai jenis penelitian kuantitaif eksperimental dan statistik inferensial sehingga mampu menerapkannya untuk mengelola dan menganalisis data penelitian kuantitatif secara inferensial. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup uji prasyarat analisis, pengujian hipotesis asosiatif, dan pengujian hipotesis komparatif dengan bantuan software statistik. Selain itu, untuk membangun wawasan tentang trend permasalahan yang menjadi fokus penelitian pendidikan fisika dalam lima tahun terakhir, disertakan artikel-artikel pendidikan fisika dari jurnal internasional bereputasi yang mengandung substansi yang relevan topik-topik tersebut
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip statistik inferensial dalam penelitian kuantitatif dan mampu menerapkannya untuk mengelola dan menganalisis data penelitian kuantitatif secara inferensial dalam pendidikan fisika secara tepat
Daftar Pustaka:
  • Howell, D. C. 2011. Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences, Seventh Edition. Belmont, CA: Wadsworth.
  • Johnson, R. A. 2010. Statistics: Principles and Methods, 6thEd. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
  • Leech, N. G; Barrett, K. C.& Morgan, G. A. 2005. SPSS for intermediate statistics: Use and interpretation, 2nd edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Morgan, G. A, Leech, N. L, Gloeckner, G. W,& Barrett, K. C. 2004. SPSS for introductory statistics: Use and interpretation, 2nd edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Darren George & Paul Mallery. 2020. IBM SPSS Statistics 26 Step by Step: A Simple Guide and Reference. sixteenth edition. New York: Routledge Taylor & Francis
  • Artikel-artikel penelitian pendidikan fisika yang menggunakan metode kuantitatif eksperimental dan diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi.