Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:
Matakuliah ini menuntun
mahasiswa memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam melakukan penelitian khususnya dalam penelitian bidang
pendidikan sebagai dasar dalam pengembangan keolmuan sebagai bekal memasuki
dunia kerja di bidang pendidikan maupun non kependidikan. Membahas mengenai
hakekat peneltian pendidikan yang meliputi pengertian penelitian pendidikan,
untuk apa penelitian dilakaukan, kriteria penelitian dan langkah-langkah di
dalam melakukan kegiatan penelitian pendidikan. Selanjutnya dibahas pemilihan
pengembangan alat pengambil data atau instrumen, penyusunan rancangan
penelitian, penarikan sampel, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data,
interprestasi hasil penelitian dan penyusunan laporan hasil penelitian
pendidikan
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman komprehensif tentang penelitian baik dalam bidang pendidikan maupun non kependidikan
Terampil dalam membuat perencanaan penelitian baik dalam bidang pendidikan maupun non kependidikan
James H. McMillan & Sally Schumaccer, (2001). Research in Education A Conceptual Introduction, By Addision Wesley Longman, Inc
Cholid Narbuko, Abu Achmadi, (2010). Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta
Jonathan Sarwono, (2010). Mixed Methods, Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. PT Elex Media Komputindo,Jakarta
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfabeta, Bandung
________, (2011). Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung
Sukardi, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Bumi Aksara
Wina Sanjaya, (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Universitas Negeri Malang, (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang
- Teacher: Djoko Dwi Kusumojanto Djoko