Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-BB
Deskripsi:
1. Hakikat strategi dan ruang lingkup pembelajaran: a) ciri, b) komponen, c) posisi strategi belajar mengajar dalam teori belajar, pendekatan pembelajaran, dan sebagai model pembelajaran.
2. a. Karakteristik strategi belajar mengajar sains (model pembelajaran sains)
b. Contoh mode-model pembelajaran sains: model siklus belajar, model problem-based learning (PBL), model-model belajar kooperatif, model pembelajaran science-technology-society (STS), model direct instruction.
3. Model.model pembelajaran konvensional (pembelajaran berbasis pengetahuan): directinstruction, pembe1ajaran dengan teks
4. a. Hakikat pembelajaran berbasis konstruktivisme/kontekstual
b. Model-model pembelajaran: model siklus belajar, PBL, model STS/SETS, model-model belajar kooperatif
5. a. Metodik khusus pembelajaran sains: ekspositori, discovery-inquiry, problem solving.
b. Teknik -teknik khusus dalam pembelajaran sains: eksperimen, demonstrasi, permainan/ simulasi, belajar di luar kelas, diskusi, tanya-jawab, dan ceramah.
6. Media pembelajaran: kerucut pengalaman belajar, macam-macam media pembelajaran sains.
7. Motivasi belajar: belajar kompetitif, belajar individual, dan belajar kooperatif
8. Pengelolaan kelas/laboratorium: pengaturan ruang, letak dan posisi meja/kursi belajar, media pembelajaran
9. Pengajaran remedial: belajar tuntas, diagnosis kesulitan belajar, pengajaran perbaikan/pengayaan.
Kriteria pemilihan strategi belajar mengajar: Pendekatan pembelajaran, karakter dan perkembangan peserta didik, karakter bahan ajar, kondisi lingkungan belajar, fasilitas sekolah.Capaian Pembelajaran
Mendeskripsikan isu terkini terkait dengan kehidupan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21
Mendeskripsikan isu terkini terkait dengan kehidupan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21
Merancang pembelajaran biologi berdasarkan berlandaskan filosofi yang disarankan kurikulum yang berlaku.
Merancang pembelajaran biologi berdasarkan berlandaskan filosofi yang disarankan kurikulum yang berlaku.
Menganalisis permasalahan nyata kesulitan belajar biologi yang terjadi di sekolah
Menganalisis permasalahan nyata kesulitan belajar biologi yang terjadi di sekolah
Menentukan solusi atas permasalahan nyata yang ditemui di sekolah berdasarkan teori dan pengalaman praktis
Menentukan solusi atas permasalahan nyata yang ditemui di sekolah berdasarkan teori dan pengalaman praktis
Arends, R.I. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.
Louisell, R.D. and Descamp, J. 1992. Developing of Teaching Style.
Martin, R. et all. 1997. Science Teaching for All Children. Boston: Allyn and Bacon.
Partomisastro, K. dan Hadisuparto, D. 1984. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar.
Permen Dikbud RI No. 69 Tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA/ MA
Permen Dikbud RI No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian
Permen Dikbud RI No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Richardson, J.S. 1957. Science Teaching in Secondary Schools. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.
Susanto, P. 1999. Strategi Belajar Mengajar Biologi Sekolah Menengah. Malang: Tidak diterbitkan.
Susanto, P. 2002. Perbaikan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual: Disajikan dalam Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi SLTP Kota Malang di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang, 16 November 2002. Malang: Universitas Negeri Malang-FMIPA-Jurusan Biologi.
Susanto, P. 2004. Pembelajaran Kostruktivis dan Kontekstual sebagai Pendekatan dan metodologi Pembelajaran sains dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004): Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Kolaborasi FDMIPA – MGMP MIPA Kota Malang dengan Tema Peningkatan Pendidikan Matematika dan Sains melalui Penerapan paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Malang: Universitas Negeri Malang – FMIPA.
Barba, R.H. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Allyn and Bacon.
Susanto, P. 2006. Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Malang: UPT PPL UM
Crain, W. 1992. Theories of Development. Englewood Cliffs: Printce-Hall.
Delisle, R. 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom.Alexandria: ASCD.
Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta.
Heinich. 1982. Intructional Media and New Technologies of Instruction. New York: John Willey and Sons.
Indriwati, S.E. 1999. Media Pembelajaran Biologi. IKIP Malang: Tidak diterbitkan.
Indriwati, S.E. 2007. Pengaruh Strategi Project Base Learning dan Tingkat Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kecakapan Hidup Mahasiswa. Disertasi: UM. Tidak diterbitkan.
Indriwati, S.E. 2010. Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang-FMIPA-Jurusan Biologi.
- Teacher: Rifka Fachrunnisa