Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A3B-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai teknologi dalam bidang manajemen pendidikan; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Materi matakuliah ini mencakup: konsep dasar, prinsip, dan prosedur penulisan karya ilmiah.berbagai ciri, jenis, kode etik, dan format karya ilmiah (makalah, artikel, dan skripsi). Bahasa Indonesia dan tanda baca dalam penulisan karya ilmiah. Teknik penulisan ilmiah (perujukan, kutipan, daftar rujukan, gambar, dan tabel). Sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah. Pendekatan pemilihan topik, dan pengembangannya ke dalam outline dan paragraf suatu karya ilmiah serta berbagai contoh karya ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman konsep dasar (pengertian dan karakteristik, jenis prinsip, kode etik, dan prosedur) penulisan karya ilmiah.
  • Memiliki pemahaman berbagai ciri, dan format sistematika penulisan karya ilmiah (makalah, skripsi/tesis, artikel).
  • Memiliki pemahaman tanda baca dan Bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah.
  • Memiliki pemahaman dan terampil merujuk dan menulis daftar rujukan dalam penulisan karya ilmiah
  • Terampil menyajikan tabel, gambar, grafik, diagram dan lampiran dalam penulisan karya ilmiah
  • Memiliki pemahaman tentang pendekatan pemilihan topik, dan pengembangannya ke dalam outline dan paragraf suatu karya ilmiah
  • Terampil melakukan sitasi sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah dengan menggunakan Aplikasi Mendeley dan atau Zotero
  • Terampil menulis berbagai jenis karya ilmiah (Makalah, Artikel, dan Skripsi)
  • UJIAN
Daftar Pustaka:
  • American Psychological Association. 2013. Manual Publication of the American Psychological Association (Sixth Edition). Washington, DC: American Psychological Association.
  • Wardana, I.G.A. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
  • Yaniawati, P. 2018. Teknik Penulisan Karya Ilmiah (Disajikan pada Bimtek Penulisan Karya Ilmiah bagi Dosen PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah IV, 20-22 Pebruari 2018). Jatinangor, Sumedang. Bandung: Universitas Pasundan.
  • Hanum, F. 2009. Teknik Penulisan Karya Ilmiah (Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Guru Diknas Provinsi DIY tanggal 12-13 Agustus 2009). Yogyakarta: UNY.
  • Haryanto, E., Cholis, N. Suprobowati, O. D. Krihariyani, D. Woelansari, E. D., Rahayuningsih, C. K. 2014. Pedoman Penyusunan Dan Penulisan Karya Ilmiah Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Surabaya: Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2012. Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 04/E/2012: Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
  • Patak, Andi Anto & Akib, Erwin. 2012. Mendeley: Citation & PDF Reference Manager plus Jejaring Sosial. Makassar: Arus Timur.
  • Puckett, Jason. 2011. Zotero: A Guide for Librarians, Researchers, and Educators. Chicago: Association of College and Research Libraries.
  • Sugimoto, Cassidy R (Ed.). 2016. Theories of Informetrics and Scholarly Communication. Germany:Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
  • 8. Suparno & Yunus, M. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
  • Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, dan Laporan Penelitian. Malang: UM Press.