Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Beberapa alternatif pola penelitian dalam bidang kependidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan dalam penelitian kualitatif.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, atau campuran,
  • 2. Mampu mengekplorasi masalah-masalah penelitian terkini dan layak diteliti
  • 3. Mampu menyusun desain penelitian kuantitatif, kualitatif, atau campuran
Daftar Pustaka:
  • Ahsbahs, Angelika Bikner, dkk. 2015. Approaches to Qualitative Research in Mathematics Education: Examples of Methodology and Methods. Springer Dordrecht Heidelberg New York London.
  • Jurnal nasional/internasional bereputasi terkini dan relevan
  • Bloomberg & Volpe, 2008. Completing Your Qualitative Disertation: A Roadmap From Beginning to End. London: SAGE Publication.
  • Cohen, dkk. 2007. Research Method in Education. Routledge. New York
  • Creswell & Clark, 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: SAGE Publication
  • Morrel & Carrol, 2010. Conducting Educational Research. Rotterdam: Sense Publishers.
  • Sriraman & Lyn English, 2010. Theories of Mathematics Education. Kota, Negara: Springer
  • Subanji, 2011. Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional dalam Mengonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik. Malang. UM Press.
  • Subanji, 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang. UM Press
  • Subanji, 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang. UM Press.