Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah ini memberikan kemampuan dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaktualisasikan, memperkaya dan mengefektifkan taraf penguasaan dan wawasan mahasiswa terhadap masalah sosial serta menggugah minat dan melatih mahasiswa mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data dan menyusun laporan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami paradigma, pendekatan dan prosedur penelitian ilmiah

  • Mahasiswa mampu menganalisis realitas obyektif di masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah

  • Mahasiswa terampil menerapkan paradigma, pendekatan dan prosedur penelitian

  • Mahasiswa mampu merumuskan masalah sosial dalam perspektif sosiologis beserta solusinya

  • Mahasiswa mampu menuliskan laporan hasil penelitian berdasarkan sistematika dan kaidah akademik

  • Memiliki kepekaan sosial dan tanggung jawab untuk melakukan intervensi terhadap penyelesaian permasalahan sosial-keagamaan berdasarkan pendekatan sosiologis

Daftar Pustaka:
  • Babbie, Earl. 2011. The Basic of Social Research. USA: Wadsworth Cengage Learning

  • Black, James A. dan Jean D. Champion. 2009. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama

  • Blaikie, Norman. 2000. Desaigning Social Research. Blackwell Publisher

  • Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

  • Denzin, Norman K. dan Yvonna S. 2009. Lincoln. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

  • Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Rosda Karya

  • Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Seventh Edition. Essex: Pearson Education Limited

  • Silverman, David. 2005. Doing Qualitative Research. Sage Publication


  • Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (Ed). 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES