Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang hakikat dan landasan pendukung bimbingan dan konseling, perspektif historis bimbingan dan konseling, ekspektasi kinerja konselor, paradigma bimbingan dan konseling, kerangka kerja utuh bimbingan dan konseling, dan standar kompetensi kemandirian peserta didik.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menelaah konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling
  • Mahasiswa mampu menelaah landasan yang mendukungnya meliputi: landasan filosofis, sosiologis, psikologis, budaya, ipteks, dan yuridis formal
  • Mahasiswa mampu menelaah sejarah perkembangan bimbingan, konteks tugas dan ekspektasi kinerja konselor, paradigma bimbingan dan konseling, kerangka kerja utuh bimbingan dan konseling, dan standar kompetensi kemandirian peserta didik
  • Mahasiswa mampu merumuskan isu-isu strategis dan inovatif mengenai pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.
Daftar Pustaka:
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas
  • Yusuf Syamsu, L.N. & Nurihsan 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  • Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance. New York : MacMillan Publishing Company.
  • Gysbers, N. C. & Henderson, P. 2006. Developing and Managing your School Guidance and Counseling Program. Alexandria, VA: ACA
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Permendikbud RI No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  • Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Nomor 22 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  • Santoso, Djoko B. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: Jurusan Bimbingan dan konseling