Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
KP-KP
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi uraian tentang (1) konsep dasar literasi informasi, (2) konsep informasi, sumber informasi, dan kebutuhan informasi, (3) komponen-komponen literasi, (standart literasi informasi), (4) model literasi informasi, (5) tahapan literasi informasi, (6) perkembangan media dan penerapan literasi informasi, (7) peran perpustakaan dalam mengembangkan literasi informasi, dan (8) literasi informasi dan plagiarism.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai konsep literasi informasi dan berbagai media informasi yang dapat dimanfaatkan
  • 2. Menguasai keterampilan literasi informasi dalam memecahkan permasalahan sehari-hari dan menerapkannya di perpustakaan Menguasai konsep dan keterampilan literasi informasi sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini serta menerapkannya di perpustakaan
Daftar Pustaka:
  • 1. Amstrong, Sara.2008. Information Literacy Navigating & Evaluating Today’s Media. USA: Shell Education
  • 2. American Association Of School Librarians. 1998. Information Literacy Standards For Student Learning. American Library Association and the Association for Educational Communications and Technology.
  • 3. Davis, Charles H. dan Shaw,Debora (eds). (2011). Introduction to information science and technology. Medford,NJ: Information Today
  • 4. Floridi ,Luciano. 2010.Information : A Very Short Introduction. Oxford: University Press.
  • 5. Goad, T.W.. 2002. Goad Information Literacy and Workplace Performance. London: Quorum Books.
  • 6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2010. Literasi Informasi Perpustakaan. Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan