Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep penelitian dan pendidikan, 2) topik-topik penelitian dalam dunia pendidikan,  kajian penelitian pendidikan, 3) jenis-jenis penelitian pendidikan, 4) merancang penelitian pendidikan 5) melaksanakan penelitian pendidikan 6) mengomunikasikan hasil penelitian pendidikan 7) menulis jurnal hasil penelitian pendidikan.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur dan ragam jenis penelitian yang dapat dikembangkan dalam penelitian pendidikan.


  • Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan yang sistematis, tepat guna, dan memiliki nilai kebermanfaatan.


  • Mahasiswa dapat menerapkan sikap kritis, jujur, dan memiliki kepedulian sosial dalam melakukan penelitian guna mengembangkan dunia pendidikan .


Daftar Pustaka:
  • Lodico, Marguerite G., Dean T. Spaulding, dan Katherine H. Voegtle. 2006. Methods in Educational Research from Theory to Practice. USA: Jossey – Bass.

  • Drew, Clifford J., Michael L. Hardman, dan John L. Hosp, John L. 2017. Penelitian Pendidikan: Merancang dan Melaksanakan Penelitian Pada bidang Pendidikan. Yogyakarta: Indeks.


  • Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.


  • Cresswell, J.W.2010. Research Design:Qualitative& Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational.


  • Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon.


  • Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach.Buckingham: Open University Press.