Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Garis-garis
besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep evaluasi, penilaian, dan
pengukuran, 2) fungsi evaluasi, 3)
taksonomi dalam evaluasi, 4) teknik penilian, 5) penyusunan alat
evaluasi/penilaian, 6) analisis instrumen evaluasi hasil belajar, 7) penilaian
hasil belajar oleh pemerintah dan satuan pendidikan, 8) praktik menyusun hasil
evaluasi belajar, 9) analisis hasil evaluasi belajar.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hingga prosedur penilaian dalam kurikulum yang berlaku sehingga mampu mengembangkan proses pembelajaran dan sikap disiplin.
Mahasiswa mampu menganalisis ragam instrumen penilaian secara kritis sehingga mampu memanfaatkannya dalam pembelajaran secara otentik.
Merancang ragam instrumen dengan kritis dan teliti sehingga dapat mengevaluasi capaian pembelajaran.
Menerapkan evaluasi pembelajaran secara sistematis, jujur, dan disiplin sehingga dapat memberikan rekomendasi pengembangan pembelajaran.
Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pratiwi, P.H., Hidayah, N. dan Martiana, A., 2017. Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2).
Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Uno, Hamzah B., dan Koni, Satria. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Pengajar: Joan Hesti Gita Purwasih