Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kecakapan belajar mandiri sepanjang hayat sehingga dapat meningkatkan kemampuannya secara berkelanjutan dalam hal-hal berikut. (1) Menguasai secara komprehensif dan mendalam konsep-konsep fundamental yang membentuk body of knowledge fisika yang lazim dipelajari mulai jenjang pendidikan menengah sampai tingkat awal program sarjana; meliputi antara lain (tidak terbatas pada) mekanika partikel (hukum-hukum Newton tentang gerak, teorema usaha-energy, dan teorema impuls-momentum), mekanika extended particle (benda tegar dan fluida non viskos), getaran dan gelombang mekanik, termodinamika dan teori kinetika gas ideal, elektromagnetika, optika, dan fisika modern. (2) Memahami secara bermakna peranan matematika dalam fisika (sebagai bagian dari struktur ilmu fisika) dan peranan multirepresentasi dalam belajar fisika. (3) Memahami munculnya berbagai kesulitan yang umum dialami siswa dalam belajar fisika, terutama terkait penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika. (4) mengembangkan atau mengevaluasi bahan ajar fisika yang sesuai dengan karakteristik dan fungsi mata pelajaran fisika. Dalam konteks merancang dan melaksanakan penelitian, hasil belajar dari matakuliah ini akan membantu mahasiswa mengembangkan bahan ajar fisika dan/atau mengembangkan asesmen penguasaan konsep dan/atau pemecahan masalah.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai secara komprehensif dan mendalam konsep-konsep fundamental yang membentuk body of knowledge fisika yang lazim dipelajari mulai jenjang pendidikan menengah sampai tingkat awal program sarjana. (P-2)
  • Menguasai secara komprehensif dan mendalam konsep-konsep fundamental yang membentuk body of knowledge fisika yang lazim dipelajari mulai jenjang pendidikan menengah sampai tingkat awal program sarjana. (P-2)
  • Memiliki pandangan (epistemological beliefs) yang benar tentang hakekat fisika, termasuk peranan matematika dalam fisika (sebagai bagian dari struktur ilmu fisika) dan peranan multirepresentasi dalam belajar fisika. (P-3)
  • Memiliki pandangan (epistemological beliefs) yang benar tentang hakekat fisika, termasuk peranan matematika dalam fisika (sebagai bagian dari struktur ilmu fisika) dan peranan multirepresentasi dalam belajar fisika. (P-3)
  • Memiliki wawasan tentang berbagai kesulitan yang umum dialami siswa dalam belajar fisika beserta penyebabnya, terutama terkait penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika. (P-4)
  • Memiliki wawasan tentang berbagai kesulitan yang umum dialami siswa dalam belajar fisika beserta penyebabnya, terutama terkait penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika. (P-4)
  • Mampu mengembangkan atau mengevaluasi bahan ajar fisika sesuai karakteristik dan fungsi mata pelajaran fisika. (KK-3)
  • Mampu mengembangkan atau mengevaluasi bahan ajar fisika sesuai karakteristik dan fungsi mata pelajaran fisika. (KK-3)
Daftar Pustaka:
  • Buku-buku teks fisika dasar seperti (1) Randal D. Knight (2016): Physics for scientists and engineers: A strategic approach with modern physics;
  • Serway & Jewett (2013): Physics for scientists and engineers with modern physics;
  • Commings, Laws, & Redish (2004): Understanding Physics
  • Berbagai research-based, concept inventory instruments yang dikoleksi di website http://www.physport.org beserta artikel yang menyertainya.