Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini mempelajari konsep biologi secara menyeluruh dengan sudut pandang reduksionis yaitu ketika sistem kehidupan disederhanakan sehingga dapat dibahas atas dasar hu¬kum fisika dan kimia selain hukum biologi dan pandangan sistemik bahwa kehidupan itu merupakan satu sistem yang satu sama lain saling berperan (holistik). Pemahaman sistem kerja program kehidupan serta ekspresinya untuk bidang kajian biologi seperti fisiologi, taksonomi, embriologi, evolusi dan penekanan pada prinsip-prinsip bioteknologi modern dalam aplikasinya dalam bidang keilmuan dan pembelajaran merupakan hal yang penting walau dikembangkan dari reduksionisme. Reduksionisme diperlukan untuk pengembangan ilmu, namun paham sistemik juga diperlukan untuk mempelajari biologi secara menyeluruh yang tidak hanya untuk pengembangan ilmu namun sebagai bentuk pemahaman secara holistik tentang Biologi sebagai sebuah sistem. Paham sistemik membahas tentang kompleksitas di dalam kehidupan dan semua unsur pendukungnya. Hasil integrasi kedua pemahaman ini (reduksionisme dan sistemik) dituangkankan dalam karya ilmiah berupa makalah dan dikomunikasikan dalam forum diskusi kelas atau seminar sebagai bentuk pemahaman mahasiswa secara holistik.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai ilmu biologi sebagai ilmu dasar, diterjemahkan dengan data yang yang dapat dibaca oleh ilmu dan teknologi yang relevan sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat.
  • Mahasiswa memiliki kepekaan dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan permasalahan biologi dengan biologi sebagai ilmu dasar melalui menerapkan filosofi reduksionisne dan holistik melalui pemahaman complexity dalam rangka meningkatkan pemahaman biologi secara komprehenship
Daftar Pustaka:
  • Capra, F.; Juarrero, A.; Sotolongo, P. and van Uden, J. 2007. Reframing Complextiy: Perspective from the North and South. Mansfeld: ISCE Publishing.
  • Briggs, J and Peat, F.D. 1989. Turbulence Mirror. New York: Harper & Row Publisher
  • Luisi, P.L. 2006. The Emergence of Life: From Chemical Origin to Synthetic Biology. Cambrigdge: Cambridge University Press.
  • Thieman, William&Michael A. Palladino. 2014. Introduction to Biotechnology. San Francisco: Pearson Education, Inc.