Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Berbagai sumber terutama dalam bentuk artikel jurnal yang melaporkan hasil-hasil penelitian pembelajaran kimia dan artikel ulasan tentang disain penelitian dan analisis data
Capaian Pembelajaran
  • Memahami disain penelitian pendidikan kimia dan penerapannya untuk menemukan jawaban atas masalah yang diteliti
  • Memahami disain penelitian pendidikan kimia dan penerapannya untuk menemukan jawaban atas masalah yang diteliti
  • Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu disain penelitian dan ketepatannya untuk digunakan di dalam permasalahan pendidikan kimia tertentu
  • Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu disain penelitian dan ketepatannya untuk digunakan di dalam permasalahan pendidikan kimia tertentu
  • Memahami berbagai teknik analisis data yang diperoleh dengan penerapan disain penelitian tertentu dan memaknai hasil analisis dalam konteks masalah yang diteliti.
  • Memahami berbagai teknik analisis data yang diperoleh dengan penerapan disain penelitian tertentu dan memaknai hasil analisis dalam konteks masalah yang diteliti.
  • Menentukan rancangan penelitian yang akan digunakan di dalam penelitian disertasinya menggunakan berbagai teknik analisis data terutama yang terkait dengan penelitian disertasinya dan mengembangkan makna dari hasil analisis tersebut
  • Menentukan rancangan penelitian yang akan digunakan di dalam penelitian disertasinya menggunakan berbagai teknik analisis data terutama yang terkait dengan penelitian disertasinya dan mengembangkan makna dari hasil analisis tersebut
Daftar Pustaka:
  • Cresswell, W. John. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th Edition). SAGE Publications
  • Glaser, B. G. & Strauss, A.L. 1999. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Routledge
  • Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. Sage Publication.
  • Patton, M.Q. 2014. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications, Inc
  • Tuckman, B.W. 1999. Conducting Educational Research. Harcourt Brace College Publishers
  • Yin, R.K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford.
  • Various Journals articles, especially published in highly reputable journals such as: Research in Science Education, Journal of Research in Science Teaching, Science Education, International Journal of Science Education, and International Journal of Research in Science and Mathematics Education