Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
AP-MBKM
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep dasar dan ruang lingkup supervisi satuan pendidikan
Terampil membuat perencanaan, melakukan simulasi, dan mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial tingkat satuan pendidikan
Mampu menganalisis permasalahan proses supervisi satuan pendidikan dan menentukan alternatif pemecahannya
Ujian
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Soetopo, Hendyat. 1992. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Malang: OPF IKIP MALANG
Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon
Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
Burhanuddin, Maisyaroh, Imron, A. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Today's School. New York: Longman
Alma, B. dkk. 2014. Guru Profesional: Menguasai Metode & Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD
Maisyaroh. 2012. Pelaksanaan Supervisi Kolegial di Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner. Boston: Allyn Bacon, Inc.
Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall, Inc.
- Teacher: Dedi Prestiadi