Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
AP-MBKM
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar dan ruang lingkup supervisi satuan pendidikan

  • Terampil membuat perencanaan, melakukan simulasi, dan mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial tingkat satuan pendidikan

  • Mampu menganalisis permasalahan proses supervisi satuan pendidikan dan menentukan alternatif pemecahannya

  • Ujian

Daftar Pustaka:
  • Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

  • Soetopo, Hendyat. 1992. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Malang: OPF IKIP MALANG

  • Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon

  • Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.

  • Burhanuddin, Maisyaroh, Imron, A. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang

  • Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Today's School. New York: Longman

  • Alma, B. dkk. 2014. Guru Profesional: Menguasai Metode & Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

  • Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD

  • Maisyaroh. 2012. Pelaksanaan Supervisi Kolegial di Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang

  • Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner. Boston: Allyn Bacon, Inc.

  • Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall, Inc.