Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
J2-J2
Deskripsi:

Matakuliah ini menyediakan pengalaman bagi mahasiswa untuk mengkaji konsep suatu masalah yang ditinjau dari berbagai sudut pandang; bagaimana melakukan eksplorasi untuk menemukan, mengidentifikasi dan merumuskan suatu masalah; bagaimana merancang prosedur pemecahan masalah, termasuk bagaimana menentukan dan menyelenggarakan forum pemecahan masalah yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik masalah yang dihadapi. Pada konteks seperti ini, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai forum pemecahan masalah seperti seminar, diskusi panel, FGD (focuss group discussion) simposium, konferensi, dan sebagainya. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pengkajian, pelatihan dan penghayatan. Pengkajian digunakan dalam membahas konsep-konsep factual untuk mengasah daya nalar; pelatihan digunakan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mencari informasi, memaparkan gagasan, bertanya, menanggapi, dan memimpin suatu forum; penghayatan digunakan untuk melatih kompetensi mahasiswa saat berperan sebagai pembicara, moderator, audience, notulis, dan sebagainya. Pada ranah afeksi, perkuliahan ini mengasah kepekaan sosial untuk saling menghargai dan bekerjasama/kolaborasi, serta kedisiplinan dalam menjalankan peran dan menyelesaikan tugas. Pada akhir setiap kajian, mahasiswa dilatih agar terampil menyusun resume.


Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu menjelaskan konsep masalah

  • 2. Mampu menggali, mengidentifikasi, dan merumuskan masalah, serta merancang proses pemecahannya

  • 3. Mampu mengidentifikasi dan menyelenggarakan forum pemecahan masalah

  • 4. Menunjukkan sikap dan tindakan yang konstruktif dalam mengkaji materi perkuliahan

Daftar Pustaka:
  • 1. Armour, Kathleen and Macdonald, Doune (Ed). 2012. Research Methods in Physical Education and Youth Sport. London and New York: Routledge.  

  • 2. Dermawan,Rizky.2004. Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta.

  • 3. Fraenkel, Jack R., dan Wallen, Norman E. 2009. How to design and evaluate research in education. Boston: McGraw Hill.

  • 4. Penney, Dawn., Clarke, Gill., Quill, Mandy and Kinchin, Gary D (Ed). 2005. Sport Education in Physical Education Research Based Practice. London and New York: Routledge.

  • 5. Sutopo, Hendyat. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • 6. Wakefiel, J.F. 1992. Creative Thinking: Problem Solving Skill and The Arts Orientation. New Jersey: Ablex Publishing Coorporation.