Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A3A-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; unsur sikap berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (2) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, sejarah perkembangan, faktor keefektifan, jenis, peran statistika, mekanisme, uji kelayakan, elaborasi perencanaan pendidikan, perumusan proyek, dan penjadwalan rencana pendidikan. Matakuliah ini membekali kepada mahasiswa tentang perencanaan pendidikan dari tataran teoritis sampai dengan aplikasinya.
Capaian Pembelajaran
Daftar Pustaka:
  • Matin. 2013. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Timan, A. 2004. Perencanaan Pendidikan. Malang: Program SP4 Jurusan AP FIP UM.
  • Sarbini., Lina, Neneng. 2012. Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.
  • Effendi, A.R., 1982. Pengantar Perencanaan Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
  • Badan Pusat Statistik. 2017/2018. (Kota/Kabupaten) dalam Angka.
  • Griinig, R., dan Kuhn, R. 2006. Process-based Strategic Planning. New York: Springer.
  • Matin. 2013. Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Program Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.