Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini mencakup kajian tentang tantangan guru pada revolusi industri 4.0 yang meliputi lahirnya generasi digital, keterampilan abad 21, dan inovasi pembelajaran IPS; kompetensi guru; pembelajaran IPS dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model; keterampilan dasar mengajar; praktik pembelajaran mikro berbasis lesson study.
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep pembelajaran berlandasakan filosofi kontruktivisme dan berorientasi pada pengembangan kemampuan 4 C (creativity, critical thingking, communication, &collaboration).
Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep startegi pembelajaran dalam rangka mendesain pembelajaran IPS yang kreatif dan inovatif.
Menganalisis berbagai permasalahan, hambatan, dan tantangan dalam pembelajaran IPS di era revolusi industri 4.0 serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.
Terampil mengimplementasikan startegi pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS baik secara individu maupun kolaboratif dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar.
Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasali, R. 2017. Disruptoin: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchtar, Suwarma, Al. 2014. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Penerbit ALFABETA.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asril, Zaenal. 2013. Micro Teaching Disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate TheCuricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Ibrohim & Istamar Syamsuri. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM.
Kasali, R. 2017. Mengubah Generasi Rapuh Menjadi Generasi Tangguh “Strawberry Generation”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Teacher: Nurul Ratnawati