Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Paradigma pembangunan dan perubahan sosial serta kritik terhadapnya, pembangunan sebagai diskursus, konsep-konsep kolonialisme dan post-kolonialisme dalam pembangunan, globalisasi, corporate social responsibilitydan pembangunan, pembangunan berperspektif gender dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals).
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami tentang perkembangan kajian sosiologi pembangunan secara mendalam.
Mengaplikasikan kajian sosiologi pembangunan untuk mengnalisis dinamika dan perubahan sosial masyarakat dengan menekankan prinsip-prinsip metodologis yang ketat dengan berdasarkan kaidah ilmiah.
Mahasiswa memiliki kepekaan sosial terhadap persoalan pembangunan yang ada di lingkungan mereka
Mahasiswa mampu bertanggung jawab dalam setiap menyelesaikan tugas yang diberikan
Barnett, Tony. 2005. Sociology of Development. London: Hutchinson
Todaro, P. Michael. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga
Deb, Debal. 2009. Beyond Developmentality: Constructing inclusive Freedom and Sustainability. London: Earthscan
Fakih, Mansour. 2013. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Insist Press & Pustaka Pelajar
Goldblatt, David. 2015. Analisa Ekologi Kritis: Degradasi dan Politik Lingkungan Menurut Andre Gorz, Anthony Giddens, Jurgen Habermas, dan Ulrich Beck. Yogyakarta: Resist Book
Hettne, Bjorn. 2001. Teori Pembangunan dan Tiga Dunia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hoogvelt, M.M. A. 1976. Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. Terj. Alimandan. Jakarta: Rajwali Pers
Johnson, Craig. 2013. Pembangunan Tanpa Teori: Kuasa Pengetahuan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Resist Book
Ndraha, Taliziduhu.1987. Pembangunan Masyarakat: Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: Bina Aksara
Schoorl, J.W. 1982. Modernisasi: Pengantar Sosiologi Pembangunan Negara-negara Sedang Berkembang. Terj. Soekadijo. Jakarta: Gramedia
- Pengajar: Waskito Waskito