Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Pengertian, ruang lingkup, dan pendekatan sejarah local; konsep dan karakteristik kearifan local; arti penting sejarah local; hubungan sejarah lokal dengan sejarah nasional; tipe-tipe sejarah local; tema-tema kajian sejarah local; jenis dan analisis sumber sejarah local; muatan kearifan lokal dalam realitas sejarah; peran ilmu bantu dalam sejarah local; penelitian dan penulisan sejarah lokal.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menjelaskan konsep, ruang lingkup, pendekatan sejarah local, dan kearifan lokal.
  • Mampu menjelaskan keterkaitan tema dengan ilmu bantu dalam kajian sejarah lokal.
  • Mampu mengeksplorasi kearifan lokal pada berbagai realitas sejarah lokal secara kritis, kreatif, dan bertanggungjawab.
  • Mampu menyusun historiografi sejarah lokal yang bermuatan kearifan lokal secara kritis, teliti, dan inovatif dalam berbagai bentuk literasi.
Daftar Pustaka:
  • Abdullah, T. (ed.). 1990. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  • Widja, I.G. 1989. Sejarah Lokal. Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: P dan K.
  • Alfian, T.I. 1970. Tjatatan Singkat tentang Sedjarah Lokal. “Lembaran Sedjarah” no.6. Appendix B.
  • Dep. P dan K. 1989. Revolusi Nasional di Tingka Lokal. Jakarta: Dep. P dan K.
  • Dep. P dan K. 1995. Sejarah Lokal. Makalah Diskusi. Jakarta: Dep. P dan K.
  • Goubert, P.”1971. Local History”. Daedalus: Historical Studies Today. Journal of the American Academy of Art and Sciences. Vol. 100. No. 1, hal. 113-127.
  • Kuntowidjojo. 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakara: Tiara Wacana.
  • Lucas, A.2004. One Soul One Struggle: Peristiwa Tiga Daerah dalam Revolusi Indonesia. Yogyakarta: Resist Book.
  • Mulyana, A & Gunawan, R. (eds.). 2007. Sejarah Lokal. Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamina.
  • Priyadi, S. 2012. Sejarah Lokal. Konsep, Metode dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.