Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Hukum-hukum Gerak: 1. Konsep gaya, 2. Hukum pertama Newton dan kerangka inersia, 3. Massa, 4. Hukum kedua Newton, 5. Gaya gravitasi dan berat, 6. Hukum ketiga Newton, 7. Analisis model menggunakan hukum kedua Newton. Kesetimbangan Benda Tegar: 1. Analisis model: Benda tegar dalam kesetimbangan, 2. Pusat gravitasi, 3. Contoh benda tegar dalam kesetimbangan, 4. Sifat elastisitas pada benda padat. Fluida Statis: 1. Tekanan, 2. Variasi tekanan terhadap kedalaman, 3. Pengukuran tekanan, 4. Gaya angkat dan prinsip Archimedes. Fluida Dinamis: 1. Persamaan Bernoulli, 2. Aplikasi fluida dinamis lainnya. Medan Listrik: 1. Sifat-sifat muatan listrik, 2. Induksi muatan, 3. Hukum Coulomb, 4. Analisis model: Partikel dalam medan listrik, 5. Medan listrik pada distribusi muatan kontinu, 6. Garis-garis medan listrik, 7. Gerak partikel bermuatan di dalam medan listrik seragam. Hukum Gauss: 1. Fluks listrik, 2. Hukum gauss, 3. Aplikasi Hukum Gauss pada berbagai distribusi muatan, 4. Konduktor dalam kesetimbangan elektrostatik. Kapasitansi: 1. Definisi kapasitansi, 2. Menentukan kapasitansi, 3. Mengkombinasi kapasitor, 4. Energi yang tersimpan di dalam kapasitor bermuatan. Dielektrik: 1. Kapasitor dengan dielektrik, 2. Dipol listrik di dalam medan listrik, 3. Deskripsi atomik dielektrik. Arus Listrik: 1. Arus listrik, 2. Hambatan, 3. Model konduksi listrik, 4. Hambatan dan suhu, 5. Superkonduktor, 6. Daya listrik. Medan Magnet: 1. Analisis model: partikel di dalam medan magnet, 2. Gerak partikel bermuatan di dalam medan magnet seragam, 3. Aplikasi melibatkan partikel bermuatan di dalam medan magnet. Gaya Magnet: 1. Gaya magnet pada konduktor berarus, 2. Torka pada loop arus dalam medan magnet seragam, 3. Efek Hall. Hukum Faraday: 1. Hukum Faraday tentang Induksi, 2. Ggl, 3. Hukum Lenz, 4. Ggl induksi dan medan listrik, 5. Generator dan motor, 6. Arus Eddy. Arus Listrik AC: 1. Sumber-sumber AC, 2. Resistor pada rangkaian AC, 3. Induktor pada rangkaian AC, 4. Kapasitor pada rangkaian AC, 5. Rangkaian RLC Seri, 6. Daya pada rangkaian AC, 7. Resonansi pada rangkaian RLC seri, 8. Transformator dn transmisi daya, 9. Rectifier dan filter
Capaian Pembelajaran
  • 4.1. Menganalisis konsep mekanika dan keelektromagnetan serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.1. Menganalisis konsep mekanika dan keelektromagnetan serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.2. Mengolah, menalar, dan menyaji berbagai percobaan terkait dengan konsep fluida, gaya dan gerak, listrik dan keelektromagnetan, kalor agar memiliki keterampilan, sikap dan pengetahuan terhadap materi tersebut sebagai penunjang dalam mengembangkan IPA terpadu.
  • 4.2. Mengolah, menalar, dan menyaji berbagai percobaan terkait dengan konsep fluida, gaya dan gerak, listrik dan keelektromagnetan, kalor agar memiliki keterampilan, sikap dan pengetahuan terhadap materi tersebut sebagai penunjang dalam mengembangkan IPA terpadu.
Daftar Pustaka:
  • Serway, R. A., dan Jewett, J. W., 2014, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics 9th Ed., Boston: Brooks/Cole.
  • Serway, R. A., dan Vuille, C., 2015, College Physics 10th Ed. Volume 1, Stamford: Cengage Learning
  • Halliday, D., Resnick R., dan Walker J., 2014, Fundamentals of Physics 10th Ed., New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  • Giancoli, D. C., 2014, Physics Principles with Applications 7th Ed., Boston: Pearson Education, Inc.
  • Fishbane, P. M., Gasiorowicz, S. G., dan Thornton S. T., 2005, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, New Jersey: Pearson Education, Inc.
  • Young, H. D., dan Freedman, R. A., 2016, Sears and Zemansky’s University Physics with Modern Physics 14th Ed., New Jersey: Pearson Education, Inc.
  • Tipler, P., dan Mosca G., 2008, Physics for Scientists and Engineer with Modern Physics, New York: W. H. Freeman and Company.
  • Knight, R. D., 2017, Physics for Scientists and Engineers a Strategic Approach 4/E with Modern Physics, Boston: Pearson Education, Inc. Serway, R. A. & Jewett, J. W. 2004. Physics for Scientists and Engineers. New York: Thomson Brooks.