Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memperluas dan memperdalam pemahamannya tentang visi pendidikan fisika kontemporer (terkini), berbagai kesulitan yang dialami siswa dalam belajar fisika beserta penyebabnya, dan kerangka berpikir untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut melalui kegiatan mencari, mengkaji, dan mensitesa artikel-artikel hasil penelitian terkait isu-isu tersebut. Melalui kegiatan mengkaji kesulitan siswa tersebut, diharapkan mahasiswa sekaligus dapat menyempurnakan pemahaman konsepnya dan meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan masalah, termasuk menggunakan matematika dalam fisika (untuk membangun ide fisika dan menggunakan ide fisika untuk menjelaskan alam). (S-11 dan S-12) Melalui kegiatan mencari dan mensitesa artikel, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi untuk belajar. (KU-9)
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti kebijakan pendidikan nasional dan internasional berdasarkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang ilmu.
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan internasional
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil-hasil penelitian mutakhir yang sesuai dengan bidang ilmu
  • Menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil analisis masalah secara transdisiplin, inovatif dan menggunakan pola pemikiran ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.
Daftar Pustaka:
  • NRC, 2012. A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington: The National Academic Press
  • Redish, E.F. 2003. Teaching Physics with the Physics Suite. John Wiley & Sons; teruma Chapter 1 dan 2.
  • Docktor, J.L. & Mestre, J.P. 2014. Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topic - Physics Education Research, 10, 020119
  • Massachusetts Department of Elementary and Secondary Education, 2016. Massachusetts Science and Technology-Engineering Curriculum Framework: Brief Description of Each Science and Engineering Practice (pp. 102-104)
  • Artikel-artikel hasil penelitian pendikan fisika di jurnal internasional bereputasi terkait tes penguasaan konsep (concept inventories), pemecahan masalah, matematika dalam fisika, dan bahasa dalam fisika. Beberapa jurnal yang digunakan sebagai rujukan antara lain (tidak sebatas pada): Physical Review Special Topic-Physics Education Research (APS), International journal of science education (Routledge), International journal of science and mathematics education (Springer), Journal of Science Teacher Education (Springer)