Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Pemikiran filsafat dan landasan berpikir filsafat dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu; etika keilmuan; Filsafat matematika; Filsafat Pendidikan matematika.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menggunakan landasan berpikir filsafat dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu secara kritis dan inovatif
  • 2. Menerapkan etika pengembangan ilmu dan pemikiran filsafat dalam merancang gagasan pemecahan masalah secara kreatif, inovatif, transdisiplin, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  • 3. Memahami filsafat matematika.
  • 4. Memahami filsafat pendidikan matematika.
  • 5. Mengembangkan pemikiran filosofis dalam bidang pendidikan matematika untuk mengidentifikasi permasalahan pendidikan matematika
Daftar Pustaka:
  • Cahn, S.M. 2012. Classic and Contemporary Readings in the Philosophy of Education. Second Edition. Oxford University Press. Inc.
  • Godfrey-Smith, 2013. Theory and Reality: An Introduction to the Philosophy of Science (Science and Its Conceptual Foundations series) 1st Edition. The University
  • Iphofen, R. 2020. Handbook of Research Ethics and Scientific Integrity. Springer International Publishing
  • Phillips, D.C. and Siegel, Harvey. 2013. Philosophy of Education. The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Winter 2013 Edition).
  • Rosenberg, A. 2012. Philosophy of Science: A Contemporary Introduction (Routledge Contemporary Introductions to Philosophy). 3rd Edition. Tayor & Francis
  • Suriasumantri, S.J 2010. Ilmu dalam Perspetif. Jakarta: PT. Gramedia.
  • Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. Bristol, PA, USA: The Falmer Press.