Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
SS-SS
Deskripsi:

Pengembangan Organisasi merupakan mekanisme perubahan yang fokus pada perubahan terencana secara sistemik yang luas, meliputi perubahan unit, divisi, maupun keseluruhan organisasi. Mencakup perubahan individual, interpersonal, tim, grup, maupun organisasi.

Mata kuliah membahas tentang dasar teori (theoretical foundations) pengembangan organisasi sebagai ilmu terapan. Mulai dari pembahasan sejarah dan perkembangan OD, peran praktisi OD dalam proses perubahan dan pengembangan organisasi, model-model intervensi dalam perubahan dan pengembangan organisasi, implementasi pengembangan organisasi dalam konteks khusus, misalnya untuk sekolah, institusi layanan kesehatan, sektor publik, dan bisnis keluarga, berikut tantangan-tantangan dalam melakukan perubahan, serta perkembangan dan tantangan OD dimasa yang akan datang.

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiwa diharapkan memiliki kesadaran dan pemahaman konsep dasar Perubahan dan Pengembangan Organisasi serta mampu menerapkan konsep dan teori OD dalam observasi, pengalaman dan keterlibatan mereka dalam proses perubahan di masa mendatang. Selain itu, mahasiswa mampu memahami dinamika proses perubahan dan resistance to change dalam organisasi, serta akrab dengan berbagai ragam dan teknik intervensi perubahan serta mampu menerapkan secara benar sesuai dengan kapabilitas dan batasan agar perubahan organisasi efektif.



Capaian Pembelajaran
  • Mendapatkan pengetahuan mendalam dan memahami konsep dasar, metode, dan teknik intervensi perubahan dan pengembangan organisasi yang efektif.

  • Mendapatkan pembelajaran tentang peran pemimpin, praktisi pengembangan organisasi, dan orang-orang dalam organisasi terutama dalam proses analisis kebutuhan perubahan dan pengembangan organisasi, perencanaan, mengeksekusi rencana aksi dan memfasilitasi proses perubahan (transformasi organisasional) baik secara global maupun dalam konteks Indonesia

  • Mampu memahami dinamika proses perubahan organisasi serta resistance to change dan menerapkannya dalam observasi, pengalaman, dan keterlibatan mahasiswa dalam proses perubahan/transformasi organisasi di masa mendatang.

  • Mengetahui, paham, dan akrab dengan berbagai ragam teknik intervensi perubahan/transformasi organisasi serta mampu menerapkan secara benar sesuai dengan kapabilitas dan batasan agar perubahan organisasi efektif

  • Menghasilkan dan mengkomunikasikan ide dan pemikiran kritis dan kreatif terkait tentang perubahan dan pengelolaan organisasi secara etis, sopan, dan bertanggung jawab serta mampu bekerjasama dalam tim ketika menyelesaikan masalah perubahan dan pengembangan organisasi dalam bentuk mini kasus dan presentasi kelompok

Daftar Pustaka:
  • Cummings, T.G. & Worley, C.G. (2009). Organization Development and Change (9th Ed.). Cincinnati, OH: South-Western College Publishing (CW)

  • Dievernich, F.E.P., Tokarsi, K.M., & Gong. (2015). Change Management and The Human Factor: Advances, Challenges and Contradictions in Organizational Development. Heidelberg, Switzerland: Springer International Publishing (DTG)

  • Worren, N.A.M., Ruddle K.M.K. 1999. From Organizational Development to Change Management: The Emergence of A New Profession. Journal of Applied Behavioral Science, Vol.35, No.3: 273-286