Tahun Akademik:
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
B8-PLB
Deskripsi:

Mata kuliah ini memberikan wawasan tentang Konsep dasar asesmen dalam pendidikan ABK, Ruang lingkup asesmen ABK, Teknik dan prosedur penyusunan instrumen asesmen, dan Milestone perkembangan anak. Lebih lanjut mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk Menyusun kisi-kisi dan intrumen Asesmen Akademik dan Perkembangan, bekerjasama dengan tim ahli untuk Melaksanakan asesmen ABK, menganalisis hasil asesmen dan menyusun program pembelajaran berdasarkan hasil asesmen


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Konsep dasar asesmen dalam pendidikan ABK

  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Ruang lingkup asesmen ABK

  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Milestone perkembangan anak

  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Teknik dan prosedur pelaksanaan asesmen

  • Dengan pemikiran logis, dan kritis mampu dalam menyusun intrumen Asesmen Akademik dan Perkembangan

  • Dengan sikap terbuka, etika, berpikir logis dan kritis, mampu melaksanakan asesmen ABK

  • Dengan sikap terbuka, etika, berpikir logis dan kritis, mampu menganalisis hasil asesmen

  • Dengan sikap terbuka, etika, berpikir logis dan kritis, mampu menyusun program layanan ABK berdasarkan hasil Assesmen

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Abdurahman, 2003. Pendidikan AKB. Jakarta, Rineka Cipta

  • Harlock, 2011. Perkembangan anak, Jakarta, Airlangga

  • Soendari, S. 2010. Asesmen ABK.. Pasca UPI

  • Santrock, Perkambangan anak