Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa untuk memahami aspek neuro sains dalam pengembangan pendidikan olahraga. Pandangan ahli neurologi tentang belajar, 4 struktur dan fungsi otak, fungsi belahan otak bagian kiri dan dan belahan otak bagian kanan, sistem sensori dan perkembangan manusia, perkembangan perseptual motorik, proses belajar berbasis fungsi otak, fungsi belahan otak dan perkembangan bahasa, kaitan otak dengan gerak, otak pria dan otak wanita, analisis perkembangan peserta didik, analisis perkembangan peserta didik, dan pengembangan gerak dalam pendidikan olahraga berbasis neuro sains.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi otak manusia
  • Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi belahan otak manusia bagian kanan dan kiri
  • Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan perseptual motorik
  • Mahasiswa dapat menjelaskan proses belajar berbasis perkembangan otak kanan dan kiri
  • Mahasiswa dapat melakukan analisis perkembangan peserta didik
  • Mahasiswa dapat melakukan analisis pengembangan gerak dalam pendidikan olahraga berbasis neuro sains.
Daftar Pustaka:
  • Bennett, S., 2014. Get it done: From procrastination to creative genius in 15 minutes a day. New World Library.
  • Fox, C.K., Barr‐Anderson, D., Neumark‐Sztainer, D. and Wall, M., 2010. Physical activity and sports team participation: Associations with academic outcomes in middle school and high school students. Journal of school health, 80(1), pp.31-37.
  • Haibach, P.S., Collier, D.H. and Reid, G., 2011. Motor learning and development. Champaign, IL: Human Kinetics, c2011. xviii, 405 p.: illustrations; 29 cm..
  • Hirvensalo, M. and Lintunen, T., 2011. Life-course perspective for physical activity and sports participation. European Review of Aging and Physical Activity, 8(1), p.13.
  • Light, Z. and O'Connell, J., 2015. 15 Minutes to Fit: The Simple 30-day Guide to Total Fitness, 15 Minutes at a Time. Avery.
  • Phillips, L.A. and Gardner, B., 2016. Habitual exercise instigation (vs. execution) predicts healthy adults’ exercise frequency. Health Psychology, 35(1), p.69.
  • Raiola, G., D'Elia, F. and Altavilla, G., 2018. Physical activity and sports sciences between European Research Council and academic disciplines in Italy.