Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
a. Pembahasan pendukung dan pemikiran yang merepresentasikan paham Idealisme, Realisme, Timur, Pragmatisme, Rekonstruksionisme, Behaviorisme, Eksistensialisme, Filsafat Analitik, dan Postmodernisme. b. Hubungan antara teori, filosofi dan praktik pendidikan dasar c. Konteks historis dari berbagai filosofi pendidikan dasar. d. Perbandingan berbagai perspektif filosofis dari berbagai filsuf. e. Pembahasan masing-masing filosofi yang terkait dengan tujuan pendidikan, metodologi pembelajaran, strategi kurikuler, dan bagaimana berbagai desain arsitektural didukung oleh berbagai pandangan filosofi. f. Pembahasan kekuatan dan keterbatasan berbagai filosofi yang dipelajari.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi praktik pendidikan dasar dan hal penting yang terkait yang menjadi landasan praktik pendidikan dasar.
  • Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi berbagai-bagai landasan pendidikan dasar.
  • Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi berbagai konsep penting dalam pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • Century of education (2002) oleh Richard Aldrich dkk. (eds.)
  • The Blackwell Guide to the Philosophy of Education (2003), oleh Niken Black dkk. (eds.)
  • Buku Elementary Education: A Reference Reference karya Deborah A. Harmon and Toni Stokes Jones (2005), Santa Barbara: ABC-CLIO, Inc.