Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah ini mencakup kajian tentang tantangan guru pada revolusi industri 4.0 yang meliputi lahirnya generasi digital, keterampilan abad 21, dan inovasi pembelajaran IPS; kompetensi guru; pembelajaran IPS dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model; keterampilan dasar mengajar; praktik pembelajaran mikro berbasis lesson study.



Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep pembelajaran berlandasakan filosofi kontruktivisme dan berorientasi pada pengembangan kemampuan 4 C (creativity, critical thingking, communication, &collaboration).

  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep startegi pembelajaran dalam rangka mendesain pembelajaran IPS yang kreatif dan inovatif.

  • Menganalisis berbagai permasalahan, hambatan, dan tantangan dalam pembelajaran IPS di era revolusi industri 4.0 serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

  • Terampil mengimplementasikan startegi pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS baik secara individu maupun kolaboratif dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar.

Daftar Pustaka:
  • Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Kasali, R. 2017. Disruptoin: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


  • Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.


  • Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.


  • Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


  • Muchtar, Suwarma, Al. 2014. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.


  • Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


  • Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.


  • Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.


  • Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Penerbit ALFABETA.


  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Asril, Zaenal. 2013. Micro Teaching Disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


  • Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.


  • Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.


  • Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate TheCuricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.


  • Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.


  • Ibrohim & Istamar Syamsuri. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM.


  • Kasali, R. 2017. Mengubah Generasi Rapuh Menjadi Generasi Tangguh “Strawberry Generation”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.