Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Membahas transformasi belajar dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi sebagai sumber belajar dimulai dari orang (tatap muka), cetak, audio, audio visual, komputer, internet (elearning), dan perangkat telpon pintar (m-learning). Pembelajaran berbasis blended learning adalah mengkombinasi pembelajaran tatap muka, offline, dan online dalam pendidikan olahraga. Pada akhir perkuliah mahasiswa mengembangkan program pengembangan pembelajaran berbasis blended learning dalam pendidikan olahraga.
Capaian Pembelajaran
  • Pembelajaran berbasis blended learning dalam pendidikan olahraga.
  • Pembelajaran tatap muka dalam pembelajaran berbasis blended learning.
  • Pembelajaran offline dalam pembelajaran berbasis blended.
  • Pembelajaran online dalam pembelajaran berbasis blended.
  • Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning.
  • Memiliki keterampilan dalam menerapkan pembelajaran berbasis blended learning dalam pendidikan olahraga.
Daftar Pustaka:
  • Allen, I.E. and Seaman, J., 2010. Learning on demand: Online education in the United States, 2009. Sloan Consortium. PO Box 1238, Newburyport, MA 01950.
  • Picciano, A.G., Dziuban, C.D. and Graham, C.R. eds., 2013. Blended learning: Research perspectives (Vol. 2). Routledge.
  • Rumble, G., 2012. The costs and economics of open and distance learning. Routledge.
  • Seaman, J. and Tinti-Kane, H., 2013. Social media for teaching and learning. London, England: Pearson Learning Systems.
  • Simpson, O., 2018. Supporting students in online, open and distance learning. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.
  • Ballera, M.A. and Salih, O.M., 2014, January. Exploiting Network Technologies to Support Blended learning and Collaborative Problem Solving in E-learning System. In The International Conference on Digital Information, Networking, and Wireless Communications (DINWC) (p. 86). Society of Digital Information and Wireless Communication.
  • Bonk, C.J. and Graham, C.R., 2012. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. John Wiley & Sons.
  • Bonk, C.J. and Graham, C.R., 2012. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. John Wiley & Sons.
  • Dwiyogo, W.D. 2013. Analisis kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended learning (PBBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang.
  • Dwiyogo, W.D. 2014. Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended learning (PBBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang.
  • Malvezzi, W.R., Mourão, A.B. and Bressan, G., 2010, October. Learning evaluation in Classroom mediated by technology model using fuzzy logic at the University of Amazonas State. In 2010 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE) (pp. S2C-1). IEEE.
  • Moskal, P., Dziuban, C. and Hartman, J., 2013. Blended learning: A dangerous idea?. The Internet and Higher Education, 18, pp.15-23.
  • Napier, N.P., Dekhane, S. and Smith, S., 2011. Transitioning to blended learning: Understanding student and faculty perceptions. Journal of Asynchronous Learning Networks, 15(1), pp.20-32.