Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Materi ajar meliputi: hakikat penilaian, karakteristik tes yang baik, tes komponen dan keterampilan berbahasa Arab, pendekatan tes bahasa Arab, prosedur dan teknik penilaian, penyusunan instrumen authentic assesment dalam PBA, penyusunan instrumen tes bahasa Arab (butir-butir soal), dan interpretasi serta analisis hasil tes.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep teoretis tentang (1) hakikat, (2) Jenis tes bahasa, (3) pendekatan tes bahasa, (4) karakteristik, (5) prosedur penilaian dalam PBA, (6) hakikat penilaian otentik, (7) mampu mengembangkan instrumen penilaian otentik dalam PBA, (8) terampil menyusun tes bahasa Arab sesuai dengan karakteristik tes yang bak, disiplin belajar, bertanggungjawab, bekerjasama, komunikatif-responsif, percaya diri, dan menghargai pendapat orang lain.

Daftar Pustaka:
  • Al-Khuli, Muhammad Ali. 2000. Al-Ikhtibarat Al-Lughawiyyah. Al-Urdun: Dar al-falah

  • Muhammad, Muhammad Abdul Khaliq. 1989. Ikhtibarat al-Lughah. Riyadh: jami`ah al-Malik As-Saud

  • Thu`aimah, rusydi Ahmad. 1989. Ta`lim Al-`Arabiyyah Li Ghairi an-nathiqin biha. Ribath: al-munadh-dhamah al-Islamiyyah li at-tarbiyyah wa al-`ulum wa ats-tsaqafah.

  •  McNamara, Tim. 2008. Language Testing. (H.G. Widdowson, Ed.). New York: Oxfor University Press.

  • Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

  • Oller, Kohn W. 1979. Language Tests at School. London: Longman Group Ltd.

  • O’Malley, J.M. dan Pierce, L.V. 1996. Authentic Assessment for Englisgh Language Learners. Wesley: Addison Wesley Publishing Company.