Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam konsep Pemerolehan Bahasa (PB) dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa. Matakuliah ini memuat topik-topik: Teori PB, aliran-aliran dalam PB, interlanguage, lingkungan bahasa, proses pemerolehan bahasa, strategi belajar bahasa, kajian terhadap hasil penelitian PB, dan implikasi teori PB terhadap pembelajaran bahasa dengan mengkaji hasil-hasil penelitian yang relevan
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis konsep pemerolehan bahasa serta aspek-aspek yang terkait dengan pemerolehan bahasa.
  • Mampu mengkaji hasil penelitian yang terkait dengan hasil penelitian pemerolehan bahasa.
  • Mampu mengimplementasikan penguasaan konsep pemerolehan dan hasil kajian yang terkait dengan pemerolehan bahsa dan aspek-aspek yang terkait untuk pembelajaran bahasa dan sastra
Daftar Pustaka:
  • 1. Dulay, H., Burt, M., and Krashen, Stephen D. 1982. Language Two. Oxford: OUP.
  • 2. Lightbown, Patsy M. and Spada, Nina. 2006. How Languages are Learned. (Revised Edn.). Oxford: OUP.
  • . Saville-Troike, Muriel. 2006. Introducing Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press
  • Research articles (RAs