Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
F8-F8
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas wawasan teoritik dan kontekstual tentang perkembangan peserta didik dari segi teori perkembangan; aspek-aspek perkembangan (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual), tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan; karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK), serta memfasilitasi pengembangan kemampuan melakukan asesmen pemahaman individu peserta didik dari segi teoretik dan praktik diagnosis perkembangan peserta didik serta solusi masalah perkembangan peserta didik. 1. Hakikat perkembangan peserta didik dan perspektif jangka hidup manusia 2. Hakikat pertumbuhan dan perkembangan 3. Isu-isu dan faktor-faktor perkembangan 4. Prinsip dan hukum perkembangan 5. Tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik 6. Teori perkembangan (psikoanalitik, behavioristik, kognitif) 7. Aspek Perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual) 8. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dari segi fisik-psikomotorik, sosial-emosional, dan kognitif 9. Asesmen pemahaman individu peserta didik (teknik tes dan non tes) 10. Analisis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik 11. Peran guru/pendidik dalam intervensi perkembangan
Capaian Pembelajaran
  • 2. 1. menjelaskan secara komprehensif teori-teori belajar dan pembelajaran berdasarkan paradigma terkemuka
  • 2.2. menganalisis berbagai kondisi pembelajaran di berbagai satuan pendidikan
  • 2.3. menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait
  • 2.4. merancang pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran yang tepat
Daftar Pustaka:
  • Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: PT. Refika Aditama
  • Santrock, J.W. 2012. Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto D. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
  • Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
  • Wade, C. & Tavris, C. 2008. Psikologi. Alih bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
  • Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Elliot, S. N.; Kratochwill, T. R.; Littlefield, J; dan Travers, J. F. 1996. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Chicago: Brown & Bencmark.
  • Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education. USA: Pearson.
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti, dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
  • Kail, R.V. 2010. Children and Their Development. New Jersey: Pearson Education.
  • Santrock. J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.(edisi kelima) Jakarta: Erlangga
  • Santrock, J.W. 2004. Child Development. Boston: McGraw-Hill.