Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Perkuliahan ini membahas tentang konsep pendidikan dan pembelajaran (pedagogis, andragogis, dan didaktika), landasan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia (landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan antropologis, landasan historis, dan landasan yuridis), konsep pendidikan Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0, serta dikaitkan dengan permasalahan pendidikan dan pembelajaran biologi/sains (pendekatan saintifik dan esensi inkuiri, Perubahan konseptual dalam pembelajaran sains/biologi, Modalitas majemuk, Investigasi inkuiri autentik dalam pembelajaran sains/biologi, Pendidikan untuk sustainabilitas, dan memadukan ICT dalam pendidikan sains/biologi
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis landasan pendidikan dan pembelajaran biologi di sekolah dan perguruan tinggi (filosofis, sosiologis, ekonomi, psikologis, historis, budaya-antropologis, yuridis-legalistik) secara kritis untuk mengembangkan gagasan penelitian secara kreatif dan inovatif
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi tentang permasalahan pendidikan dan pembelajaran biologi/sains serta mampu menganalisis dan menemukan alternatif solusi berdasarkan aspek teoritik, kebijakan, dan perkembangan mutakhir dalam bidang pendidikan secara umum, kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian, penelitian pendidikan, media pembelajaran, dan penerapan pembelajaran berbasis IT.
  • Mahasiswa mampu menganalisis tentang permasalahan pendidikan dan pembelajaran biologi/sains di sekolah atau pendidikan tinggi yang terjadi saat ini di lapangan
  • Mahasiswa mampu menemukan alternatif solusi terhadap masalah pendidikan dan pembelajaran biologi/sains berdasarkan aspek teoritik, kebijakan, dan perkembangan mutakhir dalam bidang pendidikan secara umum, kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian, penelitian pendidikan, dan penerapan pembelajaran berbasis IT
Daftar Pustaka:
  • Diaz, Carlos F; Pelletier, Carol Marra; Provenzo, Eugene F. (2006) Touch The Future Teach! Pearson Education, Inc.
  • Ornstein, Allan C. Levine, Daniel U, (2008) Foundation Of Education ,Baston: Houghton Mifflin Campany. ( SosialFoundatioan)
  • H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.
  • Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta
  • Tan, K. C. D. dan Kim, M., 2012. Issues and Challenges in Science Education Research. New York: Springer
  • Stigler, James W. dan Hiebert, James. 1999. The Teaching Gap: Best Ideas from the World’s Teacher for Improving Education in the Classroom