Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Ruang lingkup kajian matakuliah ini meliputi: (1) landasan Pendidikan yang meliputi filosofi, histori, psikologi, social-budaya, ekonomi, dan yuridis; (2) hakekat, prinsip, dan tujuan Pendidikan dasar; (3) pendidikan sebagai system; (4) problematika dan isu terkini di bidang Pendidikan; (5) kecenderungan perkembangan Pendidikan di masa depan terkait dengan globalisasi, perkembangan teknologi, revolusi industry 4.0; (6) kebijakan pendidikan pada skala nasional maupun internasional. Kegiatan perkuliahan matakuliah ini dirancang untuk memberi peluang kepada mahasiswa untuk mengungkapkan secara kritis buah pikiran mereka untuk menemukan solusi atas problem dan isu tersebut dalam konteks pendidikan dasar. Kajian topik permasalahan dalam pendidikan dasar yang diangkat dari laporan penelitian, artikel, buku, atau lapangan.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memiliki Pemahaman kritis terhadap landasan filosofis keilmuan pedagogis pembelajaran yang mendidik dan wawasan pendidikan dan pembelajaran secara inter- dan multisiplin untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang efektif.
  • Mengembangkan landasan kependidikan dasar dan mengidentifikasi problematika dan isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan; Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
  • Teena Willoughby & Eileen Wood (Ed.). 2008. Children’s Learning in a Digital World. Malden, MA, USA: Blackwell Publishing Ltd.
  • Tilaar, H.A.R. 2008. Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Uno, H dan Lamatenggo, N. 2018. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Zahro, A. dan Sulistyorini. 2010. Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: A3
  • Dyrden, G and Vos, J. 1999. The Learning Revolution. Torrance: The Learning Web Sutirna dan Samsudin, A. 2015. Landasan Kependidikan, Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
  • Gray, P. 2011. Freedom to Learn, The Roles of Play and Curiosity as Foundations for Learning. Escreva O Endereco da Empresa.
  • Makarim, N. 2019. Empat Pokok KebijakanPendidikan Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.
  • Hergenhahn and Olson, M.H. 2008. Theories of Learning. Hamline University.
  • Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Permen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  • Rogers, C.R. 1969. Freedom to Learn. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.
  • Slavin, R.E. 2013. Educational Psychology, Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.