Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B21-TEP
Deskripsi:
Mengkaji secara mendalam dengan mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pengajaran. Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematik teoretis dan praktik lapangan (di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasa-lahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mengkaji tren dan isu terkini dalam meningkatkan kualitas praktik melalui kajian problematik teoritis terhadap situasi normal maupun problematik umum pendidikan dan khusus pengajaran
Daftar Pustaka:
  • Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (Eds.). (2012). Trends and issues in instructional design and technology. Boston: Pearson.
  • Ely, Donald P. Trend & Issues in Educational Technology 1989. (1991). In “Instructional Technology: Past, Present, and Future”.
  • Paquette, G. (2014). Technology-based instructional design: Evolution and major trends. In Handbook of research on educational communications and technology (pp. 661-671). Springer, New York.
  • Molenda, M., & Harris, P. (2001). Issues and trends in instructional technology. Educational media and technology yearbook Vol 26, 3-15.
  • Orey, M., Jones, S. A., & Branch, R. M. (Eds.). (2010 - 2019). Educational media and technology yearbook (Vol. 35). Springer Science & Business Media.