Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B21-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai paradigma dan teori konseling: psikodinamik, teori belajar, teori diri (self), analisis eksistensial, tinjauan dari segi landasan psikologi, proses dan implementasi teknik; kajian perbandingan antara teori-teori untuk menyingkap persamaan dan perbedaan, baik dalam tingkat konsep dasar maupun dalam tingkat implementasinya, dan untuk merumuskan suatu kemungkinan teori baru yang lebih relevan dengan keadaan dan perkembangan masyarakat Indonesia. Tagihan perkuliahan berupa makalah tentang pendekatan atau teori atau teknik baru dalam konseling yang berpeluang untuk dikembangkan melalui suatu penelitian pengembangan atau eksperimen dalam bentuk calon tesis yang direncanakan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya menciptakan hubungan terapeutik dalam proses konseling
  • Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan teori dalam proses konseling
  • Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya integrasi teori konseling sebagai bagian dari pribadi
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling psikoanalisis (Freud dan Freudian),
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling berpusat pribadi (Rogers dan Rogerian)
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling behavioral dan behavioral-kognitif
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling rasional emotif behavior
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model realitas
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling ringkas bberpusat solusi
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori, menganalisis permasalahan, menerapkan prosedur dan teknik, serta mengintegrasikan dalam pribadi model konseling Naratif.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan salah satu model teori dan pendekatan konseling yang sesuai dengan falsafah diri pribadi.
Daftar Pustaka:
  • Brown, S.D. & Lent, R.W. 2008. Hanbook of Counseling Psychology. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  • Capuzzi, D and Mark D. Stauffer. 2016. Counseling and Psychotherapy Theories and Interventions. USA: Wiley's ebook EULA
  • Corey, G. 2016. Theory and Practice of Group Counseling. Boston, MA: Cengage Learning.
  • Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Boston, MA: Cengage Learning.
  • Cottone, R. R., 2012. Paradigms of Counseling and Psychotherapy. Missouri: Robert Cottone, Publisher.
  • Gardner, H. 1999. Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21th century. New York: Basic Books.
  • Happner, P. P., Kivlighan, Jr., & Wampold, B. E. 2008. Research Design in Counseling. Pacific Grove, California: Brooks/Cole Publishing Company.
  • Hidayah, N. 2015. Cognitive-Behavioral Cyber counseling to Improve Junior High School Student’s Self-Regulated Learning. International Journal Academic Research, 7(4), 241–243.
  • Ramli, M. 2005. Terapi Perilaku Kognitif. dalam Pendidikan dan Konseling di Era Global. Bandung: BK UPI.
  • Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapies and Counseling: Concepts and Cases. Pacivic Grove, CA: Brooks/Cole.
  • Thomas, J.C. & Hersen, M. 2003. Understanding Research in Clinical and Counseling Psychology. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Association.