Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi (1) konsep dasar, prinsip, prosedur, dan sasaran asesmen serta keterkaitannya dengan karakteristik sasaran asesmen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, (2) perencanaan dan pengembangan beragam instrumen asesmen membaca sesuai dengan konstruk hasil belajar membaca dan prinsip asesmen membaca, (3) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menulis sesuai dengan konstruk hasil belajar menulis dan prinsip asesmen menulis, (4) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menyimak sesuai dengan konstruk hasil belajar menyimak dan prinsip asesmen menyimak, (5) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen bersastra sesuai dengan konstruk hasil belajar apresiasi sastra, menulis kreatif, dan prinsip asesmen bersastra, (6) praktik review instrumen asesmen PBSI yang dikembangkan.


Capaian Pembelajaran
  • 4.1 Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konstruk hasil dan proses PBSI, jenis instrumen asesmen, dan prinsip asesmen

  • 4.2 Terampil merencanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan penuh kreatif dan tanggung jawab serta mendayagunakan teknologi

Daftar Pustaka:
  • 6) McMillan, H. James. Assessment Essential for Standards-Based
    Education (California: Corwin Press, 2008

  • 7) Scuh, Jhon H. Asessment Methods for Student Affairs.2009.USA: John Wiley, Inc.



  • 1) Alderson, Charles. Assessing Reading. London: Cambridge University Press., 2000.

  • 2) Athanasou, James. A Teacher’s Guide to Assessment. Sidney: Social Science Press, 2002.

  • 3) Brown, H. Douglas. Language Assessment: Principles and Classroom
    Practice. New York: Pearson Education, Inc., 2004.

  • 4) Harsiati, Titik. Penilaian dalam Pembelajaran dalam Bidang Membaca dan Menulis. UM Press: 2011.

  • 5) Harsiati, Titik. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press: 2013.