Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu mengevaluasi teori-teori dan konsep Psikologi Pendidikan terkini yang dikaitkan dengan konteks pendidikan Indonesia;
  • 2. Mampu menjelaskan evolusi dalam penelitian pembelajaran yang mencakup model pembelajaran, karakteristik guru, pendekatan process-product, penelitian kasus-kasus pembelajaran.
  • 3. Mampu mengembangkan dan menerapkan urunan psikologi kognitif (asas konstruktivis, teori multiple intelligences) dan psikologi humanistik (peranan social dan emotional intelligence) dan psikologi behavioral dalam menjelaskan problem-problem pendidikan di Indonesia
  • 4. Mampu mengembangkan dan mengelaborasi data dan teknologi untuk pengembangan ilmu psikologi pendidikan dan pemanfaatannya bagi kesejahteraan individu dan negara berdasarkan pancasila
Daftar Pustaka:
  • Eggen, P., & Kauchak, D. (2010). Educational Psychology: Windows on Classrooms (8 edition). Columbus, OH: Merrill.
  • Costa, A. L., & Kallick, B. (Eds.). (2009). Habits of Mind Across the Curriculum. Alexandria, VA: ASCD.
  • Gardner, H. (2011). The Unschooled Mind: How Children Think and How Schools Should Teach (Twentieth-). https://doi.org/10.1177/105382599401700313
  • Gardner, H. (2008). Multiple Intelligences: New Horizons. New york: Basic Books.
  • Gardner, H. (2009). Five Minds for the Future. Malden, MA: Harvard Business Review.
  • Sternberg, J. R. (2003). Wisdom, Intelligence, and creativity Synthesized. New york: Cambridge University Press.
  • Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (the 10th). New york: Bantam Books.
  • Goleman, D. (2007). Social Intelligence. London: Arrow Books
  • Costa, A.L.. 1999. Teaching for Inteligence. Arlington Heights, IL: Skylight Training and Publishing Inc.
  • Wood, E., & Willoughby, T. (Eds.). (2008). Children’s Learning in a Digital World. https://doi.org/10.1002/9780470696682.oth1
  • Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching (9th Editio). Pearson